Minggu, 07 Oktober 2018

Resah

Banyak orang yang merasa dirinyalah yang paling benar dan keputusannya adalah yang terbaik. Tidak sedikit pula orang membuat keputusan demi kebaikan dirinya sendiri tanpa memikirkan efek dan dampaknya di masa depan.

Mental, adalah permasalahan utama di Indonesia. "Cari modal sekecil mungkin lalu dapatkan untung sebesar mungkin". Adakah di kehidupan nyata seperti itu? Kalo gak nipu gak mungkin seperti itu. Faktanya semakin besar untung yg anda peroleh, semakin besar pula modal yg anda butuhkan. Kalo pemikiran orang Indonesia masih seperti diatas ya pantas saja jika banyak koruptor.

Sama halnya dengan pekerja. Kerja sedikit mungkin untuk mendapatkan penghasilan yang sebesar mungkin. Mana ada yang seperti itu? Yang ada pastilah kecurangan. Kebanyakan pekerja lupa akan kewajibannya namun ketika haknya sedikit saja direbut, pasti langsung ngamuk.

Marilah kita belajar tanggung jawab terhadap diri sendiri. Belajar dari hal kecil untuk kebaikan yang besar. Jika kita tidak bisa membuang sampah ditempatnya jangan salahkan jika banyak sampah-sampah masyarakat. Jika kita tak mampu membersihkan piring-piring kotor bekas makan kita, jangan salahkan jika banyak tangan-tangan kotor memegang negeri ini. Jika kita tak mampu melakukan pekerjaan kita sendiri jangan salahkan jika petinggi-petinggi negara juga melakukan hal yang sama. Jangan selalu menyalahkan yang diatas, tapi mari bercermin kepada diri sendiri, lalu mari perbaiki bersama-sama.

0 komentar: