Tugas yang diberikan kepada kita merupakan kewajiban yang harus dilakukan sebaik mungkin, entah itu tugas dari atasan, dosen, guru, atau yang lainnya. Karena jika kita mengerjakan tugas dengan hasil yang buruk, tentunya kita tidak akan mendapatkan hak kita dengan baik pula. Misal, kita mendapat tugas dari atasan, setelah kita menyelesaikan tugas yang diberikan, ternyata atasan tidak suka dengan hasil yang kita dapatkan, sehingga kemungkinan yang terjadi bisa saja gaji kita terpotong. Oleh karena itu, perlu adanya tips-tips supaya kita bisa menyelesaikan tugas dengan baik, tepat waktu dan sukses, berikut adalah 5 tips sukses mengerjakan tugas.
1. Jangan Malas
Malas merupakan
penyakit semua manusia. Setiap orang pasti punya rasa malas, tentunya dengan
tingkatan yang berbeda-beda. Namun, biasanya malas ini dipicu dari kegiatan
sehari-hari. Seperti halnya bangun tidur, seseorang yang malas akan memakai
banyak alarm untuk membangunkan dari tidurnya dan hasilnya tetap bangun
kesiangan karena tidak adanya kemauan untuk bangun tidur dari diri sendiri.
Sedangan orang yang tidak malas akan bangun dengan sendirinya tanpa menggunakan
alarm kalau dia mau. Masalahnya timbul dari diri sendiri, seseorang sering
berkata “aku ingin menjadi orang sukses” tapi pada kenyataannya tidak ada
tindakan yang mengarah kesana. Kuncinya hanya satu, yaitu pada diri anda
sendiri, jika anda mau tak perlu sesumbar, namun tanamkan pada diri anda, dan
lakukan sebaik mungkin. Mulailah dari hal-hal kecil. Dan mulailah berkata TIDAK pada
keinginan yang cenderung akan membuat anda malas.
2. Jangan Merasa
Bahwa Tugas itu Adalah Beban
Kebanyakan orang berpikir bahwa tugas adalaha beban,
sehingga tidak sedikit yang stress karena
tugas. Padahal jika kita berpikir, bahwa tugas tersebut adalah kewajiban yang
memang harus kita kerjakan dan bukan sebuah beban. Seperti halnya dengan makan,
kita wajib makan tapi itu bukanlah beban. Lakukanlah dengan santai
tapi dengan serius. Yang sangat penting adalah, jangan sampai anda tertekan
akibat tugas tersebut, jika anda merasa sulit, maka konsultasikanlah pada
seseorang yang anda percayai.
3. Kerjakan !
Tugas yang
diberikan tidak akan pernah selesai jika hanya dipikirkan dan dipandang saja,
maka kerjakanlah ! Anda tahu bahwa tugas tidak akan selesai jika didiamkan
saja, tapi anda terlalu menggampangkan tugas tersebut, anda selalu
menunda-nunda mengerjakan tugas tersebut. Hindarilah kejadian seperti itu,
gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk mengerjakan tugas, jangan pernah
menyia-nyiakannya. Sekali anda membuang waktu tersebut, anda akan menyesal.
4. Ikhlas
Kunci utama
untuk mengerjakan tugas tersebut adalag ikhlas. Jika anda selalu mengeluh dan
menganggap bahwa ini tidak adil bagi anda, maka anda tidak akan menyelesaikan
tugas itu dengan baik. Karena di dalam hati anda sudah terpikir bahwa anda
tidak ikhlas dalam melakukan pekerjaan ini. Oleh karena itu, katakanlah pada
hati anda bahwa anda telah ditunjuk oleh Tuhan bahwa tugas tersebut memang
ditujukan kepada anda dengan tujuan sebaik-baik tujuan, maka ikhlaskanlah untuk
mengerjakannya. Tanpa sadar, dengan keikhlasan di hati anda, tugas anda akan
terlselesaikan dengan baik.
5. Berdo’alah
Setelah anda
bekerja secara fisik untuk mengerjakannya, maka yang terakhir adalah berdo’a.
Tanpa adanya do’a, semuanya adalah sia-sia, jika anda dapat melewati semuanya
tanpa berdo’a maka saya yakin bahwa itu adalah hanya keberuntungan. Do’a adalah
harapan kepada Tuhan. Jika anda tidak meminta kepada yang mengasihi, bagaimana
mungkin anda menerima ? Jadi, berdo’alah dan serahkanlah kepada Tuhan setelah
anda bekerja keras, karena itulah wujud tawakal.
Semoga beberapa
tips diatas dapat menjadi acuan anda dalam mengerjakan tugas. Dan semoga dapat
menjadikan anda lebih baik dan membawa berkah untuk kita semua.
0 komentar:
Posting Komentar