Selasa, 11 April 2017

Belajarlah Bisnis Online dari Ahlinya !

             Kemajuan teknologi baru-baru ini berkembang sangat pesat. Mulai dari ojek, makanan, hingga jual beli semuanya sudah pakai online. Artinya kapanpun dan dimanapun kita bisa mengaksesnya, asalkan kita punya koneksi internet. Kemajuan teknologi tentunya sangat memudahkan kita bagi para pengusaha. Mereka bisa lebih dekat dengan pelangganya. Dan bagi para pemula yang mau menjadi pengusaha tidak perlu repot-repot punya lapak sendiri dan punya modal banyak. Kunci dari bisnis online adalah keberanian.

            Tips dan trik ini dibagi dari salah satu akun instagram yang sudah 4 tahun menjalankan bisnis online. Tidak main-main, hampir setiap hari selalu datang pelanggan. Dimulai dari iseng-iseng, sekarang menjadi bisnis online yang mampu menopang hidupnya. Jadi, bagi anda yang mau memulai bisnis online belajarlah dari ahlinya supaya bisa sukses, seperti akun tersebut.
1.      Media sosial ? Wajib !
Untuk menjalankan bisnis online, anda wajib punya akun media sosial. Anda bebas memiliki akun media sosial apa saja, seperti instagram, facebook, twitter atau yang lainnya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah punya follower. Untuk mempunyai follower yang banyak, anda tidak perlu membeli follower. Anda boleh saja me-spam di komentar-komentar yang sedang hits. Tapi hati-hatilah karena bisa saja anda terkena blokir.
2.      Mau jualan apa ?
Anda tidak perlu berpikir panjang apa yang anda harus jual. Pilihlah yang ada disekitar anda, pilih yang dekat dengan anda. Atau anda boleh menjual sesuatu yang sedang tren, karena banyak konsumen yang sedang mencarinya. Carilah supplier yang murah, anda tidak perlu me-stock. Jika masih baru lebih baik jika anda membeli barang jika ada pesanan, sehingga anda tidak memerlukan modal. Anda hanya perlu usaha.

3.      Rajinlah promosi !
Agar konsumen tau apa yang anda jual, posting-lah apa yang anda jual. Gunakan hashtag yang banyak, sehingga akan muncul jika kita mencarinya. Jika bisnis online anda sudah berjalan, wajib anda me-posting­ testimoni pelanggan. Hal itu sangat diperlukan, selain anda promosi, anda dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan lain yang mau membeli kepada anda. Bahwa akun anda bukanlah akun penipu.

4.      Konsisten !
Setelah anda dapat menjalankan bisnis online, pastikan kualitas barang yang anda jual konsisten. Ketika anda menjual barang dengan kualitas atas, dan setelah sekian waktu, anda berubah pikiran menjual barang kualitas bawah, konsumen akan merasa tidak puas. Secara otomatis anda akan kehilangan konsumen. Jadi, tentukanlah anda mau bermain di area mana, bawah, menengah, atau atas ? jika sudah anda tentukan, maka anda wajib konsiten.

5.      Berani
Seorang wirausaha wajib memiliki jiwa pemberani dalam dirinya. Anda tidak perlu malu tentang apa yang anda jual, selama hal tersebut tidak melanggar norma-norma. Anda juga harus berani promosi dimanapun, supaya semakin banyak yang melihatnya. Anda harus berani pula mengambil resiko, misalkan anda memberikan promo atau diskon kepada pelanggan.

Maraknya bisnis online, mengakibatkan banyak kasus penipuan. Sebagai penjual anda juga harus waspada terhadap konsumen. Bagi konsumen yang jauh, biasanya pembayaran dilakukan dengan transfer. Untuk lebih amannya anda jangan mau mengirim barang jika anda belum menerima uang transfer terebut. Biasannya konsumen akan memfoto bukti transfernya, walaupun begitu anda wajib cek rekening anda, apakah sudah benar-benar masuk atau belum. Terkadang terdapat konsumen yang nakal, yaitu mengedit foto hingga sedemikian rupa sehingga terlihat asli.
Sedangkan sebagai pembeli atau konsumen, anda lebih besar terkena penipuan karena anda yang men-transfer uang terlebih dahulu. Untuk menanggulanginya, anda harus teliti. Lihatlah ulasan atau komentar-komentar yang ada di akun media sosial tersebut, apakah ada yang berkomentar kurang bagus atau sebaliknya. Jika anda merasa kurang yakin, lebih baik jangan mengambil resiko. Lebih baik tidak membelinya.
http://www.dumetschool.com/lomba/menulis-blog
Jika anda memang berniat melakukan bisnis online, tidak ada salahnya anda mencoba tips dan trik diatas. Jika anda sudah sukses, sebarkanlah ilmu anda supaya menjadi ilmu yang bermanfaat. Semoga tips dan trik diatas dapat bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua.

0 komentar: