Sabtu, 08 Agustus 2020

Kualifikasi, Tips, dan Trik Memasuki Dunia Petrokimia Sebagai Lulusan Teknik Kimia

             Industri kimia merupakan salah satu industri yang terus berkembang. Industri kimia mencakup beberapa bidang yang cukup luas. Salah satu bidang industri kimia adalah industri petrokimia. Industri petrokimia secara umum dapat didefinisikan sebagai industri yang berbahan baku utama produk minyak bumi dan gas (naphta, kondensat, gas alam), batubara, serta biomassa yang mengandung senyawa-senyawa olefin, aromatik, gas sintesa, dan organik lainnya yang dapat diturunkan dari bahan-bahan tersebut, untuk menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tambah lebih tinggi daripada bahan bakunya.

            Industri petrokimia dibagi lagi dalam beberapa bidang. Yang pertama adalah industri petrokimia hulu (dasar). Industri petrokimia ini merupakan industri paling hulu dalam rangkaian industri petrokimia, memproses bahan baku berupa naphta dan/atau kondensat menjadi olefin, aromatik, dan parafin. Contoh : industri olefin (ethylene, propiline, butadiane, dll), industri aromatik (benzene, toluene, xylene, dll), industri berbasis C-1 (ammonia, methanol). Industri petrokimia selanjutnya adalah industri petrokimia antara. Industri ini memproses bahan baku olefin, aromatik (produk industri petrokimia hulu) menjadi produkproduk turunannya seperti vinyl chloride, styrene, ethylene glycol, dll. Yang terakhir industri petrokimia hilir. Industri ini mengolah bahan yang dihasilkan oleh industri petrokimia antara menjadi berbagai produk akhir yang digunakan oleh industri atau konsumen akhir (industrial dan consumer goods). Contoh: Polietilena (HDPE, LDPE, LLDPE); Polipropilena (PP); Polistirena (PS); Polivinilkhlorida (PVC); PET, karet sintetis (ABS), serat sintetis (polyester, nilon), dll.

            Untuk memasuki dunia petrokimia, kita perlu mempersiapkannya. Disini saya akan berbagi mengenai tips dan trik bagaimana bisa masuk ke dalam dunia kerja industri petrokimia. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Sesuai Requirement

Saat kamu akan melamar pekerjaan, pastikan kamu tahu mengenai syarat-syaratnya. Sebagai contoh, ipk minimal, minimal lulusan apa, dll. Nah untuk temen-temen mahasiswa, saya sering menjumpai pertanyaan apakah ipk itu penting dalam melamar pekerjaan? Menurut saya hal itu cukup penting. Setidaknya kalian mempunyai ipk melebihi standar kualifikasi. Jika kalian menganggap remeh ipk, dan ipk kalian dibawah kualifikasi tentu saja kalian tidak akan diterima. So, ipk cukup penting dalam memasuki dunia kerja walau ada beberapa aspek lainnya yang tidak kalah pentingnya.

2. Asah Kemampuan Sosial

Dengan ikut organisasi atau unit kegiatan mahasiswa, akan mengasah soft skill kamu. Kemampuan soft skill ini sangat penting untuk memasuki dunia kerja. Terlebih lagi ketika melakukan interview, pertanyaan-pertanyaan seperti di tempat kuliah melakukan kesibukan apa, ikut kegiatan mahasiswa apa atau ikut organisasi apa, dan lain sebagainya, ini akan sering muncul. Jadi persiapkanlah ketika masih di bangku kuliah.

3. Upgrade Skill

Mempunyai kemampuan di bidang lain selain teknik kimia merupakan sebuah point plus bagimu. Jangan ragu untuk memperlajari hal lain selain teknik kimia selama di bangku kuliah. Memiliki bahasa inggris yang bagus, mempunyai keahlian hysys, auto Cad, MATLAB, corel draw, photoshop dll, akan menjadi salah satu senjata untukmu.

4. Perbaiki CV

CV yang baik dapat menggambarkan dirimu secara ringkas dan jelas. Tentunya itu perlu dirangkai dalam bingkai yang menarik. Namun, CV yang berlebihan juga tidak bagus. Jadi, lihat kembali CV mu dan coba apa yang bisa kamu perbaiki.

5. Menambah Ilmu

Di beberapa tempat kuliah P&ID (Piping & Instrumen Flow Diagram) masih belum diperkenalkan. Dan pengetahuan P&ID ini cukup penting di beberapa posisi di petrokimia. Tentunya kamu juga harus paham tentang diagram blok dan process flow diagram (PFD). Selain itu, kemampuan untuk logic diagram juga diperlukan di beberapa posisi di petrokimia. Jadi tidak ada salahnya jika kamu memperlajari hal tersebut, selain untuk menambah wawasanmu, kamu juga dapat selangkah di depan sainganmu.

6. Fokus pada perusahaan yang kamu lamar

Kamu harus mencari tahu secara detail perusahaan yang sedang kamu lamar berada di bidang apa, produksi apa, bahan bakunya seperti apa serta letaknya sekalipun. Selain itu kamu juga harus mempersiapkan materi terkait posisi yang kamu lamar. Belajarlah sesuai dengan keterkaitan posisi kerja dengan teori-teori ketika di bangku kuliah. Sebagai contoh, di dalam dunia petrokimia sangat berkaitan dekat dengan pompa, kompresor, HE (Heat Exchanger), distilasi, reaktor, dll. Jadi persiapkan materi mengenai beberapa hal tersebut, jangan sampai ketika melakukan interview kamu tidak tahu beberapa hal tersebut.

            Sekian tips dan trik untuk memasuki dunia kerja di petrokimia. Tips dan trik ini sangat cocok untuk teman-teman yang baru lulus dari jurusan teknik kimia dan ingin masuk di dunia petrokimia. Semoga tips dan trik ini bermanfaat dan membantu teman-teman. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya. Terima kasih.

0 komentar: