Jumat, 12 September 2014

Tips Menjadi Anak Kos yang Baik

Selamat pagi guys, lama banget nih gak ngeblog, hehehe :D. Dari lulus SMA yang dulunya masih tinggal sama orang tua kini aku harus beklajar hidup sendiri. karena kuliah di luar kota, mengharuskanku untuk ngekos. Masalah terbesar anak kos adalah uang. Ya  dengan uang yang sedikit dan pengeluaran yang banyak, kita harus pintar memanajemen uang kita. Selain itu menjadi mahasiswa sangatlah berbeda ketika kita SMA. Menjadi mahasiswa mengharuskan kita menjadi mandiri, kitya harus pintar mengatur waktu, salah sedikit, masalah akan muncul, nah dari masalah-masalah diatas saya mencoba memberikan tips untuk kalian agar dapat memanajemen dengan baik.

Pertama adalah masalah uang, bagi yang mempunyai orang tua yang berpenghasilan pas-pasan, kita sebagai anak yang baik, harus hemat agar orang tua kita tidak terbebani dengan kita, sebenarnya biaya hidup itu lebih mahal daripada biaya kuliah. Contoh untuk makan sehari saja kita harus merogoh kocek tidak kurang dari 20 ribu. Nah hal yang perlu kalian perbuat adalah dengan membuat anggaran keperluan anda. Misalnya seperti ini :


No.      Keperluan                                                                                Anggaran
1.         Makan 3x30                                                                            3x30x 6000 = 540.000
2.         Membeli Buku                                                                        100.000
3.         lain-lain                                                                                   200.000
4.         Cadangan                                                                                160.000           +
            Jumlah                                                                                     1.000.000
 
Kurang lebih seperti itulah, dan yang paling terpenting adalah dana cadangan, karena ketika tiba-tiba ada keperluan mendadak klita tidak perlu khawatir akan kekurangan biaya, dan uang kita jadi terkontrol.

Selanjutnya adalah manajemen waktu, kurang lebih sama dengan manajemen uang kita harus membuat jadwal agar hidup kita teratur dan tidak amburadul, dan dengan adanya jadwal kita menjadi disiplin waktu. Kita harus mengalokasikan waktu yang sesuai, jangan mengalokasikan waktu terlalu dekat karena itu nanti akan membuat kegiatan kita yang terganggu. Berikan jeda 10 menit atau 5 menit untuk proses perjalanan.

Nah, guys itulah sedikit tips yang bisa saya share kepada kalian, semoga bermanfaat. :) 

0 komentar: