Jumat, 07 Agustus 2015

SALAH


            Di senja yang sunyi aku mulai bergegas menuju warung internet yang tak  begitu jauh dari rumahku
dengan menggunakan supra-x 125 ku. Tanpa pikir panjang aku menuju computer nomor 5 yang kosong.
Langsung saja log-in. Kubuka google chrome lalu aku search pengumuman SBMPTN.
            Aku adalah salah satu dari ribuan murid SMA yang berhari-hari galau menunggu pengumuman hasil tes SBMPTN. Sebenarnya aku sudah pesimis dengan pengumuman itu. Bagaimana tidak ? aku sudah mencari kunci jawaban dari tes SBMPTN itu dan hasilnya hanya pas-pasan saja. Padahal siang malam belajar dan berdo’a tapi, melihat hasil yang kurang memuaskan, disitu kadang saya merasa sedih.
            Kulanjutkan membuka website SBMPTN. Karena banyak sekali yang mengakses, websitenya jadi lemot dan error. Setelah mencoba beberapa kali, ternyata bisa masuk juga. Dengan jantung deg-degan ku tulis nama ku dengan pelan “HIRMAN SETIAWAN”. Ku tekan enter dengan hati-hati. Sial internetnya error lagi.
            Lalu aku menghampiri tukang jaga warung internetnya. Sambil berjalan dengan muka tegang karena belum melihat pengumuman aku bertanya ke mas-mas yang jaga.
“ Mas, ini internetnya kok error sih ?” dengan nada complain.
“ Masa sih mas ?” menjawab dengan wajah tanpa dosa.
“ Yeeeee, di bilangin gak percaya.” Sewot.
“ Lah, ini bisa itu mas.”
“ Loh, kok bisa sih mas ? di computer saya nggak bisa i mas.”
“ Masnya kali yang gak bisa pake computer ?” ngejek.
            Wah kampret betul mas-masnya. Rasanya kaki udah gak bisa nopang badan, jantung kaya mau copot gara-gara nunggu pengumuman, eh malah di ejekin. Kalo bawa panah aku panah ini orang, hahaha.
“ Mas, saya serius ini mas.”
“ hehe, mana sih mas ? sini tak lihat.”
            Mas-mas nya pun menuju computer 5 yang aku pakai tadi. Dilihatnya, lalu dengan wajah yang meyakinkan di utak-atik kompuertnya. Setelah beberapa menit aku menunggu, masnya bilang.
“ Waduh mas, ini sudah bener i mas, gak ada yang salah.”
“ Masa sih mas ? La terus ini apanya dong mas ?” Tanya dengan muka melas.
“ Gak tau mas, opertornya lagi tidur mungkin mas.”
“ Mas, ini serius mas, jangan bercanda mulu dong.” Sudah geram.
“ Ini servernya yang sibuk mas, di tunggu aja, mungkin nanti bisa.”
“ Yaudah deh mas.”
            Setelah berdebat dengan mas-masnya, aku mengalah saja, daripada ngehabisin tenaga dan tak dapat apa-apa mending ngalah aja yaa. Aku buka aja fb, sambil nunggu. Buseeett, saking lamanya gak buka fb, berandanya penuh dengan sarang laba-laba, wkwkwk. Ku kira setelah gak buka fb lama, bakal ada yang nyariin, ternyata sama sekali nggak ada T_T. Ngenes banget yaaa gak ada yang nyari. Iseng-iseng lah update status, siapa tahu ada yang nge-like, hehehe.
“ Mau lihat pengumuman aja susah, Web error segala -_-“.
            Benar saja, beberapa menit kemudian ada yang nge-like. Aku masih ingat betul namanya “angGie Ingient ceLallu die CienTa”. Hahaha. Alay banget sumpah. Dan parahnya fotonya buseeet, alay banget. Dengan bibir monyong, tangan kanan pegang hp buat selfie dan jari telunjuk di tunjukin di bibir. Maksudnya apa coba ?????? mungkin lagi ngetrennya kaya gitu yaa. Hahaha. Haduuh ngenes banget yang nge-like cuma satu T_T.
            Beberapa menit kemudian tiba-tiba ada notifikasi. Dengan perasaan bingung, karena biasanya emang gak ada notifikasi hahaha. Aku coba deh membukanya. Aku klik pemberitahuannya. Ternyata ada yang komentar di statusku. Kemudian aku lihat komentarnya. Loadingnya lama banget -_-. Oh, teman sekelas ku yang komen.
“ Iya i, punya ku juga error.” Elva
“ Padahal udah gak sabar pengen lihat.” Aku
“ Sama, aku juga udah penasaran banget man.” Elva
“ Kenapa ya ?” Aku
“ Mungkin yang buka web nya terlalu banyak jadi error.” Elva
“ iya ya mungkin gitu yaa va.” Aku
            Bukan malah ngecek pengumuman SBMPTN, tp malah fb an sama Elva. Elva ini adalah teman sekelasku. Cewek yang lumayan cerewet dan resek kalo dikelas. Walaupun kadang-kadang diem, tapi kalo udah resek, resek banget. Yang paling aku inget dari dia, dia itu punya tahi lalat di atas bibir sebelah kanan, hehehe.
            Setelah fb an sejenak. Tiba-tiba ada komentar lain yang komen di fb ku.
“ Woy, brooo. Aku udah bisa buka i.” Adib
“ Masa sih dib?” Aku
“ Iya broooo, coba deh cek.”
Adib adalah teman sekelasku juga. Badanya tinggi kulitnya agak gelap. Kalo di kelas dia agak pendiam, tapi kalo udah konyol, jangan ditanya, konyol banget.
Sebelum aku membuka web nya lagi, aku kumpulin dulu kekuatan buat ngetik nama. Karena rasanya tangan itu udah lemes banget. Aku ketik lagi namaku “ HIRMAN SETIAWAN ”. Deg-deg-deg-deg. Loadingnya sedikit lama. Daaaaaaaannnnn. Ternyata error lagi.
 “ Bohong kamu brooo, aku buka masih gak bisa.” Aku
“ Aku bisa ini brooo, beneran.” Adib
“ Emang km buka pake apa dib ?” Elva
“ Pakek computer laaaah.”Adib
“ Aku juga udah tau dib dib. Beneran ini.”
“ Aku pakek Mozzilla Firefox.” Adib
“ Aku buka pakek google chrome gak bisa dib.” Aku
“ Emang kalo google chrome gak bisa men.” Adib
            Whaaaaatttttt ?!?!?!?!?!?!? Ternyata selama ini salah makai aplikasi. Cepat-cepat aku buka Mozzilla Firefox. Aku ketik SBMPTN dan langsung masuk.
Kumasukkan lagi nama ku, dengan pelan aku tekan enter. Gak sampai setengah menit, aku berhasil masuk. Rasanya deg-deg-deg-deg, takut bercampur penasaran menjadi satu, dan masih belum berani untuk scroll kebawah untuk lihat pengumumannya. Sejenak aku kumpulin keberanianku untuk melihatnya. Dengan perlahan aku scroll kebawah. Terlihat garis line berwarna hijau. Waah apa ini, mulai berpikiran positif. Hingga aku beranikan diri untuk scroll lagi kebawah.
            Aku masih ingat betul kata-kata yang muncul. “Selamat, Nomor/Nama “HIRMAN SETIAWAN” diterima lulus masuk Universitas Sebelas Maret Surakarta Jurusan Agroteknologi.” Tanpa sadar, aku langsung meloncat dan berteriak.
“ Allahuakbar ! Aku Lolos !”
            Orang-orang di sekelilingku kaget semua, aku jadi malu karena tingkahku. Aku lalu mematikan computer itu, tanpa memperdulikan fb ku lagi. Aku langsung meng-close nya. Cepat-cepat aku keluar dan membayar. Pas lagi bayar mas-masnya malah ngejek lagi.
“ Udah bisa mas ? apa udah nyerah ?” nada ngece.
            Kalo bener ada tombak, aku tombak ini orang. Untung lagi seneng, kalo marah aku bakar ini warung internet. Hahaha. Tapi aku gak memperdulikan ejekan masnya. Aku cepat-cepat geber supra X-125 ku biar cepet sampek rumah. Gak sabar buat bilang.
“ Ibuuuukkk, aku loolooooosss !!!!”