Kamis, 09 Februari 2017

Trommol Screen



Trommel Screen adalah alat screening yang digunakan dalam industri skala besar terutama pada pertambangan dan juga industri. Trommel Screen merupakan screening yang berbeda bentuknya dari vibrating screen, bentuknya mirip tabung ( drum ).Pada bagian outletnya merupakan tempat keluaran untuk material oversize. Kapasitas yang direncanakan sebenarnya sangat tergantung dari jumlah material yang masuk. Misalnya kita menginginkan material kurang dari 30 mm yang keluar sebagai output produk maka jumlah tersebut harus cukup terkandung pada raw materialnya. Atau dengan kata lain kapasitas terencana (TPH) yang diinginkan tidak akan tercapai apabila material yang masuk 70 % berukuran lebih besar dari 30 mm. Unit Trommel screen ini seperti juga Unit yang biasa dipakai pada Coal Crushing Plan atau Stone Crushing Plan biasanya juga bukan merupakan unit yang terpisah dari unit yang lainnya. Mungkin ada interkoneksi dengan bagian lain misalnya untuk bagian inlet digunakan conveyor, sedangkan untuk stockpile produk dihubungkan lagi dengan conveyor stacking untuk membentuk ketinggian stockpile yang cukup.
            Trommel merupakan sebuah saringan silinder yang berputar, umumnya aliran material bergerak menurun. Permukaan saringan berupa jalinan kawat teratur atau plat dengan lubang teratur. Perputaran trommel meningkatkan efektifitas dari proses pemilahan, karena bisa memisahkan material yang saling menyatu/melekat ataupun memisahkan material dari wadahnya. Trommel ukuran besar (diameter 8-10ft, panjang 50ft) banyak digunakan untuk memisahkan wadah/kardus besar dan ataupun kertas koran dari campuran kertas-kertas ataupun dari wadah-wadah yang bercampur (terutama dari kardus-kardus kaca). Trommel ukuran kecil (diameter 1-2ft, panjang 2-4ft) digunakan untuk pemilahan label dan tutup botol dari pecahan gelas. Untuk ukuran kecil kadang-kadang menggunakan tambahan hembusan udara untuk membantu proses pemilahan (Peer Consultants, P.C., 1991).
            Trommel dengan 2 tahap biasa digunakan untuk proses pemilahan. Pada tahap pertama (ujung bagian awal/depan-tengah dari panjang keseluruhan trommel) menggunakan lubang-lubang dengan ukuran kecil (diameter sekitar 1 inch), digunakan untuk pemilahan material-material yang berukuran kecil seperti pecahan kaca dan pasir. Pada tahap berikutnya (tengah-ujung akhir) menggunakan lubang-lubang dengan ukuran besar (diameter sekitar 5 inchi), digunakan untuk memisahkan kaca, alumunium, dan wadah plastik. Lebih jelasnya mengenai trommel dapat dilihat pada Gambar 2-6










Gambar 2‑6. Trommel (Peer Consultants, P.C., 1991).
Faktor yang mempengaruhi efisiensi pemilahan dari trommel:
§  Karakteristik dan jumlah sampah.
§  Ukuran dan kemiringan trommel.
§  Kecepatan putaran.
§  Ukuran dan jumlah lubang.

Gambar site plan yang menggunakan Trommel Screen

Cara Kerja :
 Contoh Cara Kerja Trommel Screen
Keterangan :
A. Shovel
B. Input ( Feed )
C. Sikat ( Sweaper )
D. Screening ( Ayakan )
E. Produk Samping
F. Produk Utama
Trommel Screen yang berbentuk seperti tabung besar, dimana tabung tersebut terdapat lubang – lubang. Trommel Screen terdiri dari input dan output, dimana feed masuk ke dalam input. Didalam input, feed tersebut diputar oleh screen dengan kecepatan yang ditentukan. Feed yang tidak diinginkan akan keluar dengan sendirinya melalui lubang yang melalaui output. Feed yang diinginkan akan masuk dalam penampung / storage kemudian dialirkan melalui belt conveyor. Feed yang tidak masuk / lolos atau di reycle.
Kelebihan & Kekurangan
1.    Kelebihan
Harga lebih murah dari vibrating screen
- Biaya perawatan tinggi, terutama pada dinamo motor dan sikat
- Tidak dapat menghasilkan produk yang uniform seperti Vibrating. S
- Kebutuhan tempat / ruangan relative besar
Note:
Trommol berasal dari bahasa jerman yang berarti drum. Trommol Screen berbentruk silinder yang diletakkan secara horizontal dan digunakan untuk memisahkan material padat berdasarkan ukurannya. Misalnya, untuk memisahkan sampah kota seperti kaleng atau padatan lainnya bisa juga untuk memisahkan berbagai macam ukuran bebatuan yang sudah dihancurkan di pertambangan.
Misalnya saja, penggalian.Seorang kontraktor biasanya menggunakan alat pemisah ini untuk memisahkan puing - puing dari lokasi penggalian yang digolongkan menjadi dua macam.Tanah bagian atas yang dapat dijual kembali untuk pertanian, perkebunan, atau lokasi perkantoran. Tanah yang sudah di screen dapat dimanfaatkan sebagai dasar dari dasar bangunan karena komposisinya yang tidak terkandung bebatuan. Tentu saja proses screen ini menjadi hal yang menguntungkan bagi kontraktor karena material limbah dapat dijual kembalidan juga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk transportasi material ke tempat pembuangan.
Dengan konsep yang sama, diterapkan pula untuk proses produksi kompos, pasir/gravel,  produk penambangan kayu, dan limbah kota.

Portable Trommol Screen
Portabel Trommol Screen adalah jenis trommol screen yang saat ini cukup populer dan banyak digunakan oleh berbagai instansi. Portable trommol screen ini sering digunakan pada proses produksi bahan organik dari berbagai macam limbah.
Kapasitas mencapai 150 ton/ jam
Ukuran Screen dari ½ inch sampai 2 ½ inch.
Kegunaan :
1. pemisahan individual produk
2. produksi tanah lapisan atas
3. jerami
4. pemisahan gravel dan produk

 Keuntungan
1. mudah dalam hal transportasi (dapat menggunakan truk)
2. kemudahan pengoperasian
3. dapat dengan mudah diganti - ganti produk yang akan di screen
4. terdapat high discharge conveyor yang memudahkan untuk pembersihan
5. kecepatan operasional dapat dengan mudah disetting sesuai kapasitas
6. dapat diatur kemiringan dari trommol screen
7. dapat dimodifikasi dengan feed hopper
Spesifikasi.
1.            Trommol Screen
·                     Diameter 5 ft x panjang 16 ft
·                     Screen dapat di set dengan ukuran mesh yang berbeda
·                     Kecepatan dapat di set
2.            Oversize Chute
·                     Digunakan untuk eksternal konveyor
·                     Tahan tubrukan
3.            Diesel Drive Unit
·                     Power Unit Diesel 25 Hp

4.            Hidraulic Power Unit
·                     Di desain dengan berat yang sangat ringan
·                     Mudah di akses
·                     Perawatannya murah dan mudah
5.            Discharge Conveyor
·                     Kecepatan dapat di atur
·                     Tingkat discharge tinggi
·                     Transport menggunakan hidraulik fold
·                     Heavy duty belt.
6.            Chassis
·                     Tandem axle dual tire
·                     Baut penguat
·                     Kaki hidraulik dapat di set

Aplikasi di Bidang Industri
·        Diterapkan pula untuk proses produksi kompos
·        Proses produksipasir/gravel
·        Produk penambangan kayu
·        Penanganan limbah kota




DAFTAR PUSTAKA

0 komentar: