Jumat, 03 Juli 2020

JADILAH DIRI KAMU, DENGAN 5 CARA INI!

Di era globalisasi seperti ini, penting bagi kita untuk mengetahui diri kita sendiri. Banyaknya budaya-budaya baru yang masuk ke dalam lingkungan, membuat kita harus extra protective terhadap diri kita. Hal yang paling mendasar untuk protect itu semua berasal dari diri sendiri. Kita perlu membenahi internal diri kita sebelum membenahi hal external dari diri kita. So, penting bagi kita mengetahui diri kita sendiri, dan berikut beberapa kiat agar kita bisa menjadi diri sendiri.

  • Tahu apa yang kamu sukai dan apa yang tidak kamu sukai

Hal-hal kecil seperti ini jarang orang memperhatikannya. Ya, memang sepele sih, tapi dari sinilah awal mula kamu tahu jati dirimu. Coba jujurlah tentang diri kamu sendiri. Mulai dari warna apa yang kamu sukai. Makanan favorit. Hobi kamu. Olahraga kesukaan, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti ini dapat menjadi ciri khas kamu. Jika orang lain mengetahuinya, setidaknya mereka tahu, kamu itu seperti apa. Lama kelamaan, akan membentuk sebuah identitasmu sendiri.

  • Jangan terpengaruh orang lain

Salah satu pengaruh terbesar setelah keluarga adalah lingkungan. Jika kita tidak mempunyai jati diri, kita hanya akan mengikuti jalannya perkembangan lingkungan. Kita hanya akan ter-ombang-ambing di dalamnya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tidak mudah terpengaruh oleh linkungan. Pastikan apa yang kamu ikuti itu benar. Maka, sebelum kamu mengikuti sesuatu, renungkanlah terlebih dahulu, apakah itu baik untukmu atau tidak ada pengaruhnya untukmu.

  • Konsisten 

Konsisten adalah sesuatu yang sangat berat. Awal mula kegagalan seorang yang mencoba konsisten adalah malas. Bunuh rasa malasmu. Lakukan rutinitasmu. Temukan hobimu, temukan passionmu, temukan apa yang kamu sukai. Jika kamu sudah bisa konsisten. Mulai dari situlah kamu sudah menemukan siapa diri kamu. 



  • Mencari nasehat

Setelah kamu benahi diri kamu, dan diri kamu sudah merasa siap. Kini saatnya kamu mencari nasehat kepada orang lain. Terkadang, sesuatu yang kita anggap benar ternyata justru salah di hadapan orang lain. Sebelum kamu menentukan baik buruknya itu, konsultasikan dengan orang yang kamu percayai. Kepada orang tua, teman, ataupun sahabatmu. Tapi perlu kalian ketahui, pendapat mereka hanya untuk pertimbanganmu saja. Lebih lanjut lagi, kamulah yang bisa menentukannya. Jadi kembali lagi hanya kamu yang bisa menentukannya.

  • Be Yourself!

Yang terakhir, kamu sudah tau apa kesukaanmu, kamu sudah tau bagaimana menghadapi lingkunganmu, dan kamu sudah mampu konsisten terhadap itu. Maka, sekarang, jadilah diri kamu sendiri. Sekarang kamu sudah tau identitasmu. Kamu sudah tau apa yang harus kamu lakukan. Jangan sekali-kali kamu menjadi orang lain. Jika itu terjadi, hal-hal yang sebelumnya sudah kamu lakukan tidak berarti sama sekali. Tapi jika memang kamu ingin meniru orang lain, jangan 100% menirunya. Gunakan strategi ATM (amati, tiru, modifikasi) maka itu akan lebih baik daripada kamu 100% menirunya. Karena jika kamu menirunya, itu sama saja bukan kamu. Jadi sekali lagi jadilah diri kamu sendiri!

Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Semoga bisa konsisten yaaaa… sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya…


0 komentar: